Seperti diketahui, sistem transmisi manual memerlukan pengemudi untuk menginjak kopling dan memimdahkan gigi percepatan secara manual. gigi percepatan yang digunakan tergantung pada kecepatan kendaraan . Inilah fokus utama pembahasan kali ini.
Kehadiran All New Grand Avega di Indonesia pada tahun 2011 didukung salah satu kelebihan pada sistem transmisinya, yakni enam percepatan manual. setidaknya ada dua manfaat yang bisa didapatkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan milik hyundai Grand Avega , yakni :
* Kinerja gigi transmisi yang tenang dan halus ( noiseless) , sehingga menghasilkan perpindahan gigi transmisi lebih optimal dan menunjang kinerja mesin secara lebih presisi.
* Efesiensi BBM lebih ekonomis sekitar 6,4 % lebih irit dibanding mobil sekelas dengan transmisi manual 5-percepatan.
Kinerja gigi transmisi yang tenang dan halus pada hyundai Grand Avega bisa di capai berkat synhcromesh . Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antara gigi yang akan di sambung , sehingga perpindahan gigi percepatan dapat di lakukan secara mulus.
Synchromesh terdiri dari berbagai komponen yang terjadi satu ( unit ) yang dapat menyamakan putaran antara gigi input dan output pada transmisi. Cara kerjanya saat handel transmisi pada posisi netral , maka synchromesh berada di tengah tidak berpengaruh atau di pengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada di sampingnya.
OPTIMALISASI KINERJA MESIN & EFISIENSI BBM
Test driver HMWI sempat menguji performa menyeluruh dari hyundai Grand Avega, termasuk kehandalan kinerja sistem transmisi manual 6-percepatan. Rute yang di bidik kala itu adalah jalur Utara Jawa melintasi Purwokerto dan tuntas di Jogjakarta.
Selama sesi test drive , berikut dua impresi yang di rasakan pada keunggulan kinerja transmisi manula 6-percepatan :
1. pada jalan bebas hambatan di tol cikampek, perpindahan gigi transmisi berlangsung mulus, sehingga tanpa terasa jarum indikator sempat menembus angka mdi atas 170km/jam. Kinerja mesin juga tidak terasa dipaksa kerja keras untuk mengirinkan suplai tenaga ke roda depan, berkat perpindahan gigi transmisi yang pesisi. ( catatan : kabin disisi tiga orang penimpang )
2. Pada posisi gigi dan indikator putaran mesin 2.000 rpm , kecepatan kendaraan telah mampu menembus kecepatan 80 km/jam.
Hasil lebih baik tentu saja akan didapatkan pada posisi gigi enam , atau dengan kata lain Anda sudah dapat mendapatkan tenaga yang cukup besar dan kecepatan cukup tinggi pada putaran mesin yang relatif rendah. Implikasinya tentu terkait pada efesiensi BBM.
No comments:
Post a Comment